5 alasan mengapa setiap orang harus belajar data analytics

Data Analytics

Setiap professional yang bekerja di bidang digital marketing sudah diwajibkan untuk memiliki kemampuan untuk dapat membaca data analytics. Untuk sebagian orang Indonesia mungkin lebih mengenal data analisis, tapi jika Anda sudah mempelajari bahasa pemrograman pada web tentunya akan lebih mudah mengartikannya sebagai data analytics. Kenapa seorang proffesional di bidang digital marketing diwajibkan mampu membaca data analytics? Setidaknya ada 5 alasan mengapa setiap orang harus belajar data analytics.

Apa itu Data Analytics? Definisi yang dapat diartikan dari data analytics sendiri adalah suatu kegiatan untuk memeriksa data-data yang disediakan di Google Analytics. Dari data-data yang telah disediakan tersebut dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja pernah Anda pikirkan. Karena yang dikerjakan seorang pekerja digital marketing selalu berjalan diatas data yang kuantitatif yang masih bisa diukur. Dari data analytics tersebut dapat diputuskan langkah selanjutnya yang akan diambil. Contoh saja dari data analytics Anda bisa mengetahui berapa lama seseorang berkunjung ke blog website Anda dalam sehari, dan dari situ Anda bisa memutuskan bagaimana cara menambahkan jumlah pengunjung website Anda. Atau apakah dari website yang telah dibuat telah memenuhi target pelanggan meskipun telah dilakukan SEO.

Anda bisa memulai belajar data analytics dari Google Analytics. Setiap pelaku bisnis online ataupun offline kiranya sudah wajib memiliki website. Website adalah salah satu pemasaran digital yang sudah sangat umum. Jika tidak memiliki website berarti sama saja tidak berada di dunia digital, padahal dunia sudah sangat berkembang terutama di bidang teknologi digital. Dari website seseorang bisa mengetahui bisnis yang Anda miliki, dan apa yang Anda jual dari bisnis tersebut. Bisa diibaratkan bahwa website adalah sebuah tulang punggung dari sebuah bisnis. Seperti yang sudah disebutkan bahwa, dari website tujuan perusahaan untuk mencapai target bisa tercapai. Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui seberapa baik performa tingkat kerja dari sebuah website dari Google Analytics. Google Analytics ternyata merupakan standard di bidang digital khususnya website.

Dimana harus belajar Google Analytics? Belajar bersama Google Analytics, Anda dapat belajar data analytics. Dan tidak ada tempat lain belajar Google Analytics selain di Google Analytics Academy. Google bersedia memberikan training resource secara resmi, dimana Anda juga dapat menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan data analytics di training tersebut.
Tenang, bagi kalian yang masih sama sekali belum mengerti atau mengenal data analytics di Google Analytics Academy sama-sama akan belajar dari awal, karena akan diberikan video-video yang juga akan membantu. Pada tahap awal Anda harus benar-benar mengikuti dan memahami apa yang dijelaskan pada materi pertama yaitu Digital Analytics Fundamentals. Tidak perlu khawatir juga karena belajar di Google Analytics Academy akan diberikan secara gratis.

Setelah mengetahui pembelajaran sedikit mengenai data analytics dan juga google analytics, tentunya sudah sedikit paham mengapa setiap orang harus belajar data analytics bukan? Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia digital marketing, berarti Anda harus siap berhadapan dengan berbagai data dan kode-kode dalam bahasa pemgrogaman web.

Digital marketing berhubungan dengan sebuah pemasaran dari bisnis dimana Anda yang memiliki website diajak untuk berorientasi mengenai data-data sejak awal, dari situ berlanjut untuk melihat perkembangan dari strategi sedang berjalan lalu belajar menganalisa dan langkah akhir adalah bagaimana dan apa keputusan yang diambil berdasarkan dari data-data tersebut itu semua adalah bagian dari kehidupan digital marketing.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."