7 Tips Untuk Pengoptimalan Media Sosial

Pengoptimalan Media Sosial

Zaman yang terus saja berubah begitu juga dengan trend marketing dalam dunia bisnis, terlebih didukung oleh perkembangan dalam dunia teknologi. Dan kini media sosial menjadi sarana dalam metode pemasaran yang memang dinilai cukup efektif di dunia bisnis. Tidak hanya dalam kategori bisnis yang sudah besar, tetapi kategori bisnis kecil pun juga memanfaatkan media sosial ini untuk mengembangkan pasarnya menjadi lebih luas lagi.

Apa itu media sosial? Media sosial adalah sebuah sarana media yang digunakan untuk bersosialisasi satu sama lain dimana kegiatan ini dilakukan secara online. Bersosialisasi melalui media sosial ini sangat memungkinkan bagi manusia melakukan interaksi tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Berikut adalah beberapa contoh media sosial yang paling sering digunakan Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, Snapchat, Line dan lain sebagainya. Mungkin beberapa dari Anda sudah memanfaatkan salah satu dari media sosial tersebut untuk mengembangkan bisnis.

Mengingat siapapun di dunia ini hampir menggunakan dan aktif di dunia jejaring sosial terutama negara Indonesia yang pengguna media sosialnya saja mencapai 130 juta orang, jadi sudah hal yang wajib untuk setiap pemilik bisnis termasuk bisnis online untuk memanfaatkan media sosial sebagai strategi untuk marketing di bisnis mereka. Dengan besarnya peluang serta potensi yang tinggi untuk berhasil dalam memasarkan produk melalui jejaring sosial, siapapun kini memanfaatkan sarana tersebut. Tetapi bagaimana cara terbaik untuk menjalankan strategi digital marketing dengan memanfaatkan media sosial? Kini kami akan membagikan 7 tips untuk pengoptimalan media sosial, sebagai berikut:

 

Tentukan target pemasaran bisnis Anda

Setiap media sosial tentunya memiliki demografis yang berbeda-beda sehingga para pemilik bisnis dapat memilih dengan bijak untuk menentukannya. Cara penentuannya sangat sederhana sekali yaitu Anda hanya perlu menentukan target pasar dari bisnis Anda terlebih dahulu. Karena dengan mengetahui serta sudah menetapkan target pasar maka akan menjadi patokan untuk Anda menemukan media sosial yang tepat untuk bisnis Anda.

Seperti contoh jika Anda telah menentukan target pasar Anda adalah remaja, maka Anda bisa memilih media sosial seperti Youtube, Instagram, atau Snapchat. Serta untuk target bisnis yang lebih memasuki tingkat profesional dan sesama pebisnis maka Anda dapat menggunakan jejaring sosial LinkedIn. Dan jika target Anda berada pada posisi blogger atau influencer maka Anda bisa memanfaatkan Blog serta Instagram.

 

Menggunakan media sosial berdasarkan jenis bisnis

Tidak hanya melihat dari target pasarnya saja, namun memilih media sosial secara tepat juga penting untuk dilakukan oleh para pebisnis tergantung dari jenis bisnis yang dijalankan. Dengan begitu, sudah tentu konten dan layanan yang Anda pasarkan akan menjadi tepat sasaran.
Disini kami akan memberikan contoh kepada Anda. Jika Anda seorang pengusaha yang bergerak dan lebih berfokus pada konten visual yang lebih memperlihatkan banyak fotografi. Sudah tentu pilihan media sosial yang tepat adalah Instagram dan Pinterest. Sedangkan Anda yang lebih memilih media sosial Twitter atau Facebook maka ini akan sangat cocok

untuk pengusaha yang lebih menghasilkan konten editorial.
Setelah Anda sudah menentukan pilihan atas media sosial mana yang akan Anda gunakan, cobalah untuk berkomitmen dengan 1 atau 2 pilihan. Tetapi tidak ada salahnya jika memang Anda ingin bereksperimen dengan syarat sebelumnya untuk memastikan bahwa akun media sosial yang sebelumnya sudah berjalan dengan baik dan dalam posisi aman tentunya.

 

Membentuk tim pengelola

Dengan membentuk tim khusus yang bertugas untuk mengelola media sosial bisnis Anda, tentu akan membuat strategi marketing di dalamnya berjalan dengan lebih mudah. Anda dapat mengatur beberapa orang di dalam bisnis Anda menjadi sebuah tim dengan memberlakukan rotasi. Anda hanya perlu membentuk tim dengan menentukan guideline sehingga tim yang sudah ada akan mengelolanya secara konsisten.

 

Membuat komitmen

Saat Anda memutuskan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran produk Anda secara online tentu ini tidak membutuhkan waktu yang sebentar. Sebelum memulainya, pastikan tim yang sudah ada menjadikan pekerjaan di bidang ini sebagai prioritasnya.

 

Menentukan tujuan

Membuat strategi dengan tujuan yang jelas sudah tentu dapat mengukur seberapa besar hasil akhir dan tingkat keberhasilannya. Jangan sampai Anda mengelola media sosial tanpa sedikit pun rencana dan tujuan yang jelas. Tingkat keberhasilan dengan memanfaatkan media sosial ini tentunya harus terukur agar saat terjadi evaluasi akan lebih mudah.

 

Membuat kalender konten

Tidak banyak perusahaan atau pengusaha yang belum memahami bahwa media sosial adalah sebuah sarana terpenting untuk pemasaran. Menjadikan media sosial sebagai bagian dari strategi marketing tidak berarti Anda diperbolehkan untuk memposting sesuatu secara sembarangan. Buatlah kalender konten yang lebih menyeluruh secara awal Anda dapat membuat kalender konten bulanan.

 

 

Membuat konten yang menarik

Jika Anda pengusaha yang memutuskan untuk menjalankan bisnis secara online, Anda dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Hal ini disebabkan karena menyediakan konten di media sosial harus semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian dari para pengguna jejaring sosial. Konten marketing harus terlihat menyenangkan dan kreatif agar tidak kalah saing.

 

 

Blinq Digital Media sebagai web development yang juga menyediakan social media marketing, sehingga bagi Anda pengusaha yang ingin menjadikan media sosial sebagai bagian dari strategi digital marketing.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."