8 Tips belanja online yang aman

Tips belanja online

Dengan perkembangan teknologi di seluruh dunia membuat gaya hidup manusia juga semakin terus maju. Belanja secara online adalah salah satu gaya hidup baru dari manusia yang diiringi dengan perkembangan zaman, khususnya bagi masyarakat yang berusia 18-35 tahun. Banyak kemudahan yang bisa didapatkan dari belanja online seperti kemudahan dalam bertransaksi, bebas macet karena Anda tidak perlu untuk datang ke toko, dan berbagai tawaran menarik dari marketplace yang terus meningkat. Dengan adanya marketplace, Anda bisa berbelanja online dengan aman dikarenakan mereka menawarkan berbagai fasilitas.

Fasilitas yang diberikan oleh beberapa marketplace tersebut dapat membuat Anda merasa nyaman dan aman untuk belanja online. Pembeli akan merasa aman ketika marketplace menawarkan Anda untuk belanja online dengan sistem pembayaran menggunakan rekening bersama atau virtual account yang tentunya sudah dijamin oleh marketplace tersebut. Jika Anda merasakan barang tidak sesuai pada saat barang pesanan sampai, maka akan Anda penawaran untuk menukarkan barang atau komplain ke penjual. Anda bisa belanja online dengan aman bersama marketplace, marketplace yang sudah cukup terkenal saat ini ada beberapa seperti bukalapak, lazada, tokopedia, jd.id dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Bagaimana belanja online di akun pribadi, apakah aman?

Banyak kasus penipuan yang didasari dengan belanja online terjadi dari transaksi yang tidak melalui marketplace atau melalui situs-situs pribadi seperti instagram, facebook atau media sosial lainnya. Tapi tidak semua akun pribadi berarti harus dicurigai. Menurut Blinq Digital Media setidaknya ada 8 tips belanja online yang aman dan nyaman, yang bisa Anda terapkan jika ingin berbelanja secara online.

 

Melakukan riset terhadap situs web tempat Anda akan berbelanja

Untuk hal pertama ini bisa Anda lakukan jika Anda sedang ingin belanja online pada sebuah situs yang tidak pernah Anda gunakan sebelumnya. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuktikan bahwa situs web tersebut bisa membuat Anda merasa aman dan nyaman pada saat berbelanja.

  • Hubungi kontak penjual
  • Mencari tahu penilaian dari orang lain mengenai situs web tersebut melalui mesin pencari google atau yahoo

Jika menemukan sesuatu yang aneh dan mencurigakan Anda bisa meninggalkan situs web tersebut dan mencari situs web lain, tetapi ketika semua berada dijalur yang aman maka Anda bisa melanjutkan untuk berbelanja.

 

Perhatikan kebijakan yang ditawarkan situs web terhadap data pribadi

Untuk setiap situs web yang meminta data pribadi harus dipastikan bahwa mereka menyebutkan “data pribadi dijaga secara rahasia” atau hal semacamnya. Jangan sampai ada kebijakan yang mengatakan pengelola situs web boleh memberikan data pribadi konsumen kepada siapapun.

Jangan mudah tergoda dengan penawaran harga yang murah

Jangan langsung percaya dan tergoda akan penawaran yang diberikan seperti harga yang murah atau diskon besar-besaran. Apalagi jika situs web tersebut meminta untuk mengisi data pribadi yang sudah tidak sewajarnya. Ini bisa saja adalah pekerjaan spammer. Spammer biasanya melakukan tugasnya dengan sebaik mungkin , mulai dari merayu dengan mengirimkan email yang berisi bahwa mereka dari pihak atau perusahaan yang terkemuka. Dan Anda sebagai konsumen atau pembeli sudah seharusnya untuk berhati-hati.

 

Mengetahui situs web tersebut aman

Bagaimana langkah awal untuk mengetahui bahwa sebuah situs web aman atau tidaknya? Anda bisa mencari tahu pada tanda gambar gembok atau secure yang terdapat dalam baris status (status bar) browser. Ingat sebelum Anda memasukkan semua data pribadi, pastikan bahwa tanda tersebut ada pada situs web yang dikunjungi.

 

Tips belanja online yang aman

Perhatikan proses dari penawaran saat pembayaran

Banyak orang yang melakukan belanja online menggunakan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit, data Anda lebih mudah untuk dicuri seperti banyak kasus penggelapan belakangan ini. Memang dengan menggunakan kartu kredit , rekap pesanan Anda lebih jelas dan mudah untuk dicari bila seketika barang pesanan Anda tak kunjung datang. Tetapi mengingat kasus penggelapan kartu kredit, sudah banyak orang yang berbelanja online melakukan pembayaran menggunakan paypal, transfer rekening bersama atau dengan sistem COD (Cash On Delivery).

 

Amankan PC atau perangkat mobile lainnya

Gunakan antivirus untuk mengantisipasi adanya virus dari situs web yang sedang digunakan. Perlu diingat bahwa peranti lunak harus tetap menggunakan sistem keamanan dan lakukan update secara berkala agar PC atau perangkat mobile tetap terjaga dari beberapa ancaman.

 

Periksa harga total

Periksa kembali harga total belanjaan yang harus Anda bayarkan. Mulai dari harga barang, ongkos kirim atau jika memungkinkan adanya asuransi. Jika penjual memberikan diskon, perhatikan juga jumlah potongan yang tertera apakah sudah sesuai.

Simpan bukti transaksi

Simpan semua bukti transaksi mulai dari percakapan yang dilakukan dengan penjual, atau email serta invoice. Untuk mengantisipasi pesanan jika tidak kunjung sampai.

 

Jadilah pembeli yang cermat dengan melakukan 8 tips belanja online yang aman dari Blinq Digital Media.

 

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."