9 Cara Mengukur Keberhasilan Kampanye Pemasaran Digital

9 Cara Mengukur Keberhasilan Kampanye Pemasaran Digital

Pengembalian investasi yang positif adalah tujuan setiap kampanye pemasaran digital.

Namun, sementara akhir dari pemasaran digital adalah untuk meningkatkan keuntungan, tidak setiap kampanye langsung menghasilkan rupiah, dolar dan sen. Beberapa kampanye meningkatkan kesadaran akan merek Anda, sementara yang lain mungkin membawa pengunjung ke blog Anda – keduanya membantu meningkatkan keuntungan dalam jangka panjang, namun hasil jangka pendek tidak dapat diukur dengan nilai moneter.

Ini menimbulkan pertanyaan penting – bagaimana Anda tahu apakah usaha pemasaran digital Anda berhasil?

Di sini kita akan meninjau sembilan cara untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran digital Anda. Dan untuk menambahkan kejelasan lebih lanjut pada pertanyaan di atas, kami telah membagi metode ini ke dalam dua kategori: perubahan dan perilaku situs web.

Perubahan
Perubahan terjadi saat pengunjung atau pelanggan melakukan tindakan tertentu sebagai hasil pemasaran digital Anda. Tidak seperti perilaku situs web, perubahan lebih terkait langsung dengan penjualan dan pendapatan. Karena tujuan akhir Anda adalah meningkatkan keuntungan, pastikan pemasaran digital Anda benar-benar penting.

Berikut adalah lima jenis perubahan yang dapat menunjukkan kampanye yang berhasil:

 

1. Penjualan online

Penjualan online dari situs Anda mungkin merupakan perubahan konversi paling sederhana untuk mengukur keberhasilan. Melacak penjualan online Anda mudah dilakukan jika Anda menggunakan Google Analytics atau platform analisis Web lainnya.

Setelah memasang cuplikan kecil kode di situs web Anda, Anda akan dapat melihat kampanye mana yang mendorong penjualan online terbanyak. Ini adalah perubahan terpenting bagi pemilik bisnis e-commerce ketat.

 

2: Penjualan online-ke-toko

Tidak semua orang yang menemukan bisnis online Anda akan membeli dari situs Anda. Pelanggan lokal cenderung mengunjungi toko Anda dan melakukan pembelian secara langsung. Bagaimana Anda mengukur perubahan ini?
Jangan khawatir, ada cara untuk mengukur penjualan online-ke-toko.

Misalnya, Anda dapat mengumpulkan informasi dari calon pelanggan di situs Anda, seperti alamat email, yang nantinya dapat dibandingkan dengan data yang dikumpulkan di kasir. Atau, Anda dapat menawarkan kode diskon khusus di situs Anda sehingga saat pelanggan menebus diskon, Anda dapat dengan mudah mencocokkannya kembali dengan kampanye pemasaran.

Atau, Anda bisa hanya bertanya kepada pelanggan apakah mereka menemukan bisnis online Anda. Perjelas bagaimana mereka menemukan Anda – seperti melalui iklan Facebook atau pencarian Google – dan catat jawaban mereka di spreadsheet. Kemudian Anda dapat melihat kampanye mana yang mendorong lebih banyak konversi di dalam toko.

 

3: Melakukan kampanye digital dari formulir Web

Sebagian besar situs web memiliki formulir yang dapat digunakan pelanggan untuk meminta layanan, menjadwalkan janji temu atau mendapatkan lebih banyak informasi. Jika Anda menggunakan Google Analytics, Anda dapat melihat kampanye mana yang menghasilkan penggunaan paling banyak dari berbagai formulir Web Anda.

Setiap pengunjung yang melengkapi formulir Web untuk meminta penawaran nantinya dapat diubah menjadi pelanggan. Oleh karena itu, keberhasilan kampanye pemasaran dapat diukur dengan jumlah lead (Web form submissions)

 

4: Melakukan kampanye digital dari telepon

Pelacakan lead dan penjualan dari panggilan telepon juga penting bagi bisnis yang mendorong penjualan melalui telepon.

Untuk melacak panggilan, Anda harus menyiapkan penyisipan nomor dinamis (DNI), yang menunjukkan jumlah telepon yang berbeda kepada pengunjung berbeda tergantung bagaimana mereka sampai di situs web Anda. Anda kemudian dapat melihat log telepon Anda untuk melihat kampanye mana yang menghasilkan panggilan terbanyak.

 

5: Melakukan kampanye digital dari obrolan langsung

Apakah situs web Anda menawarkan live chat bagi pengunjung? Jika tidak, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menambahkannya sebagai cara lain untuk melibatkan pengunjung Anda.

Setelah mengobrol di situs web Anda, Anda perlu melacak kampanye pemasaran mana yang mendorong obrolan paling banyak. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pelacakan dalam program chat Anda atau dengan mengintegrasikan Google Analytics ke dalam alat obrolan Anda. Dalam kedua kasus tersebut, Anda dapat melihat kampanye mana yang mendorong lebih banyak prospek untuk bisnis Anda melalui obrolan langsung.

Perilaku Website
Berikut adalah empat cara selanjutnya untuk menentukan keberhasilan pemasaran digital berdasarkan perilaku situs web:

 

6: Kunjungan ke situs

Yang ini sederhana – kampanye pemasaran digital mana yang paling banyak diperhatikan di situs Anda? Meskipun ini adalah metrik yang agak dangkal dibandingkan dengan konversi e-commerce dan Web, masih penting untuk mengukur kunjungan per saluran pemasaran.

Hal ini sangat membantu saat Anda melihat tren lalu lintas dari waktu ke waktu. Misalnya, Anda ingin mengukur lalu lintas dari Penelusuran Organik (lalu lintas SEO) dari waktu ke waktu sehingga Anda tahu jika usaha SEO Anda bekerja. Plus, Anda akan dapat menemukan masalah potensial sejak dini jika Anda melihat penurunan lalu lintas SEO yang tiba-tiba.

 

7: Tampilan Halaman per kunjungan

Kunjungan ke situs penting, namun tidak benar-benar menunjukkan apakah orang-orang terlibat dalam bisnis Anda. Bagaimana jika tidak ada orang yang mengunjungi situs Anda yang mengklik berbagai produk dan halaman Anda?
Untungnya, Google Analytics dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana pengunjung mengeklik melalui situs Anda sambil juga menyediakan jumlah rata-rata tampilan halaman per kunjungan.

Perhatikan baik-baik halaman web yang dikunjungi pelanggan Anda. Anda mungkin mendapati bahwa pelanggan online lebih tertarik pada aspek bisnis tertentu atau produk tertentu di inventaris Anda. Jika Anda mempromosikan blog Anda, Anda juga bisa mendapatkan gagasan tentang topik yang paling menarik bagi pengunjung Anda.

8: Waktu yang dihabiskan di situs web

Berapa banyak waktu yang dihabiskan orang di blog atau situs web Anda, dan kampanye pemasaran digital mana yang membawa pengunjung yang paling terlibat?
Analytics juga bisa melacak ini. Sekali lagi, waktu yang dihabiskan di situs web Anda tidak mengarah langsung ke penjualan, namun orang yang menghabiskan lebih banyak waktu menjelajah cenderung membeli nanti.

 

9: Rasio pentalan

Dalam dunia pemasaran digital, memantul itu buruk karena beberapa alasan.
Jika ada kampanye Anda yang memiliki rasio pentalan tinggi – yang berarti orang-orang menekan tombol “kembali” mereka segera setelah mereka mendarat di situs web Anda – mungkin ada kemungkinan hubungan yang serius antara strategi pemasaran dan laman landas Anda. Sama buruknya, Google mungkin menafsirkan situs dengan tingkat bouncing tinggi sebagai kualitas rendah atau spam, sehingga menghasilkan hukuman SEO.
Gunakan Google Analytics untuk mengukur tingkat bouncing Anda dari waktu ke waktu untuk melihat tren di setiap kampanye pemasaran Anda.

Mengetahui bagaimana mengukur keberhasilan kampanye pemasaran digital Anda akan menghemat banyak waktu di jalan. Anda tidak perlu menebak apakah Anda membuang-buang waktumu dengan berbagai kampanye. Anda dapat menyesuaikan atau menonaktifkan kampanye yang tidak berfungsi, atau Anda dapat mempertajam kampanye untuk benar-benar mengasah sasaran Anda.

Dan satu hal lagi – selalu tahu bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan sebuah kampanye sebelum Anda meluncurkannya. Ya, ini memerlukan rencana permainan yang lebih hati-hati dibangun untuk usaha pemasaran Anda, namun sebaiknya Anda tidak pernah meluncurkan kampanye pemasaran digital yang tidak memiliki tujuan tertentu.
Rencanakan ke depan, arahkan target Anda, dan Anda lebih cenderung mendapatkan kabar baik saat mengukur keberhasilan kampanye.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."