Bagaimana Potensi Pemasaran Digital Indonesia di Tahun 2017?

Bagaimana Potensi Pemasaran Digital Indonesia di Tahun 2017.

Perkembangan jumlah pengguna internet serta media sosial yang terus meningkat sangat menjanjikan untuk potensi bisnis Digital Marketing dengan adanya total populasi lebih dari 260 juta penduduk, Indonesia kini terlihat potensinya sebagai target pasar yang cukup menjanjikan di Asia Tenggara, terutama dalam hal pemasaran produk. Hampir delapan puluh juta orang atau sepertiga dari populasi Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial. Ini merupakan jumlah yang tidak sedikit bila semuanya aktif menjadi pengguna media sosial. Di belakangnya ikut iklan media sosial, cari marketing berbayar, content marketing, dan influencer marketing.

Di sisi lain, angka pembelanjaan pemasaran digital untuk media sosial di indonesia juga tidak sedikit. Catatan harga eceran, di tahun 2016 para pengiklan rata – rata merogoh uang sebesar Rp1,9 miliar per tahun untuk keperluan promosi pemasaran digital. Angka tersebut sama-sama adanya peningkatan hasil yang dirasakan para pengiklan sehingga memungkinkan peningkatan anggaran belanja di tahun berikutnya.

Tantangan dalam dunia periklanan digital indonesia

Meski ada peningkatan yang cukup signifikan, namun bukan berarti pertumbuhan pemasaran digital tidak ada di Indonesia. Kendala terberat pelaku pemasaran indonesia adalah terbatasnya dana, kemampuan, dan adanya jurang pemisah dalam daya sumber daya. Tantangan lain datang dari sisi pengiklan tentang soal ketetapan soal pemasaran digital. Berdasarkan penelitian lebih dari lima puluh lima persen pengiklan kurang memahami faktor yang dibuatkan software ini efektif untuk tujuan berbisnis mereka. Untuk sebagian besar konten pemasaran digital lebih banyak untuk kebutuhan membangun kesadaran dan keterlibatan pengguna belaka. Bukan untuk hasil penjualan langsung atau direct sales dan lead generation.

 

Masih ada banyak ruang untuk bereksplorasi

Bertambah menjamurnya kegiatan pemasaran digital di era seperti sekarang mendorong berbagai perusahaan untuk membantu pemanfaatan media. Dalam penerapannya, ada banyak hal yang masih bisa dieksplorasi dalam bentuk pemasaran digital. Berdasarkan survey mereka, para pengiklan di indonesia percaya pengalaman pelanggan, pemasaran konten, dan platform mobile yang tiga kategori besar yang masih bisa dieksplorasi lebih detail. Ketiga hal tersebut bahkan terhubung satu sama lain dan memiliki potensi besar untuk diperbaiki lebih lanjut.

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi mobile, penetrasi kecepatan internet yang semakin tinggi, alat marketing baru, dan tren yang berubah-ubah menyesuaikan pasar, pemasaran digital saat ini digadang-gadangkan sebagai alternatif masa depan yang penuhnya secara bertahap mulai menggeser metode pemasaran lain. Melihat kondisi yang ada sekarang ini, kita hanya perlu merampas strategi apa yang masih relevan sambil melihat arah mana yang sedang berkembang melalui alat digital yang ada.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat with us