Cara Menghindari Komplain Pelanggan Dengan Tepat Dalam Bisnis

Cara Menghadari Komplai Pelanggan Dengan Tepat

Komplain adalah suatu hal tidak bisa dihindari dalam bisnis dan pasti akan terjadi dalam semua bisnis, hal ini sudah menjadi tantangan bagi setiap pebisnis, namun jika komplain tersebut tidak cepat diatasi maka lama kelamaan akan semakin menumpuk dan membuat masalah dalam bisnis anda. Biasanya yang pertama menerima komplain adalah CS, namun CS pun juga mempunyai keterbatasan dalam mengatasi komplain dari pelanggan, kali ini akan kami berikan beberapa Cara Menghindari Komplain Pelanggan Dengan Tepat untuk mempersiapkan diri dengan menghindari adanya komplain.

Menghindari bukan berarti tidak akan terjadi komplain, namun kita bisa mengerti akan layanan dan produk yang di pasarkan tersebut, bagaimana agar tidak menuai komplai dari para konsumen, dan menghasilkan reputasi yang baik. Tentu semuanya memerlukan empati dan pandangan kedepan, memang komplain itu tidak bisa dihindari namun perlu anda ketahui beberapa hal yang akan kami sampaikan ini, kami akan mengajak anda untuk tau bagian mana saja yang sering di komplain.

Saat pelanggan anda komplain, nah disanalah anda harus mengetahuinya dan bisa mencatat dengan baik, bagian apa yang di komplain tersebut, dan bagian tersebut segeralah anda perbaiki karena akan menyelamatkan bisnis anda. Selain itu anda juga bisa membuat pelanggan nyaman saat berbelanja dan mempunyai pengalaman baru dalam berbelanja dengan bisnis anda.

 

Kenapa Pelanggan Komplain ?

Kenapa pelanggan Komplain ini adalah salah satu yang sangat sering terjadi, komplai dari pelanggan biasanya akan terjadi jika mereka memperkirakan hal sesuai dengan apa yang diinginkan, namun semua itu tidak sesuai dengan ekspetasi, hal ini sering terjadi kepada customer saat mereka berbelanja, seperti yang saat ini buming yaitu Toko Online, namun ketika memesan barang ternyata barang yang dikirim tak kunjung datang. Dan mungkin saja barang yang datang tidak sesuai dengan apa yang di tawarkan. Namun dari hal ini yang bisa anda hilangkan untuk menghindari pelanggan komplain adalah melakukan antisipasi dan menghilangkan semua peluang yang berpotensi membuat orang frustasi.

Cara Menghadari Komplai Pelanggan Dengan Tepat dan baik

Suber yang membuat Pelanggan Kompalin

 

Waktu Pengiriman

Mungkin anda pernah berbelanja online dan menanyakan kepada pelanggan atau mungkin paling sering bertanya di dalam hati “mana barang saya” nah kalau anda pernah merasa hal yang seperti ini, bagus nya di dalam melayani pelanggan anda nanti, anda harus memperhatikan pengiriman dengan baik sesuai dengan waktu yang di tentukan, karena pelanggan sangat berharap barang yang dibelinya akan dikirim sesuai dengan estimasi waktu yang ditentukan, Aman, tidak ada yang rusak dan lain-lain.

Customer yang sudah membeli barang dengan anda tentu sudah memberikan kepercayaan penuh kepada anda, jagalah dengan sebaik mungkin, anda bisa memposisikan diri sebagai pembeli. Biasanya jika pelanggan membeli, maka pihak penjual akan mengkonfimasi orderan dan menerbitkan invoice dan resi pengiriman. Dengan menggunakan tracking maka pelanggan bisa memantau terus barang yang dibelinya dan mengetahui estimasi kapan barang tersebut akan tiba.

 

Kehabisan Stok Pada Bisnis Anda

Ini juga salah satu kenapa customer bisa komplain, untuk menjaga hal ini tidak menjadi masalah dengan customer, anda bisa menerbitkan notofikasi atau mengupdate Stok barang anda, bila tidak tersedia, maka anda bisa memberikan notifikasi bahwa barang kosong dan lain sebagainya.

 

Diskripsi barang

Kembali memposisikan diri sebagai pelanggan, jika anda membeli sebuah produk yang di pesan, setelah sampai tenyata barang nya tidak sesuai dengan yang anda mau, entah itu beda ukuran atau lainnya, tentu saja customer akan komplain dan tentu sangat menjengkelkan bukan? Nah jika anda menemukan komplai seperti ini jangan anda mengeluh karena memang kesalahan dari anda tidak memperhatikan dengan betul apa yang di inginkan oleh pembeli. Oleh karena itu setiap barang yang anda jual lebih baik diberikan ukuran dimensi nya, atau diskripsi seperti :

  • Bahan
  • Ukuran
  • Panjang
  • Lebar

Hal ini akan sangat mudah dimengerti oleh customer dan tentu tidak akan menimbulkan komplain jika diskripsi barang anda jelas, jika memang nanti terjadi komplain, mungkin itu bukan kesalahan dari penjual melainkan dari pembeli, karena memang anda sudah mencantumkan dimensi barang tersebut.

 

 

Itu adalah beberapa cara menghindari komplain pelanggan dengan tepat

Tentu masih sangat banyak sekali hal yang dapat membuat pelanggan anda komplain, namun nada juga harus bisa instropeksi diri, apa saja yang harus anda lakukan dan perhatikan agar pelanggan tidak akan komplain terhadap jasa dan layanan yang anda berikan, dan jika anda menerima komplain akibat kesalahan anda, tentunya anda dapat menangani dengan baik dan tidak perlu membawa ke dalam masalah yang rumit, anda wajib mengalah dengan pelanggan anda merasa puas.

Jangan sampai reputasi bisnis anda akan rusak dengan adanya banyak komplai dari setiap kustomer anda, karena komplain yang akan anda jadikan sebagai tolak ukur untuk kesuksesan dalam sebuah bisnis jangka panjang.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."