Cek Kecepatan Situs Anda Dengan Google Pagespeed Tools

Cek Kecepatan Situs

Hal yang perlu Anda ketahui setelah memiliki sebuah situs atau blog adalah kecepatan dalam mengakses situs Anda tersebut, jika pengunjung yang mengakses situs Anda merasa kecewa karena kecepatan loading yang dinilai lambat maka akan menghambat situs Anda berada di halaman satu Google. Kecepatan disaat seseorang ingin mengakses situs Anda adalah hal yang perlu diperhatikan karena, pihak Google sebagai search engine terbesar menyatakan mulai Juli 2018 sebuah kecepatan situs atau halaman website akan menjadi faktor yang membuat peringkat situs tersebut akan meningkat di pencarian.

Cek kecepatan situs Anda dengan Google Pagespeed tools, yang merupakan sebuah situs paling populer yang disediakan oleh pihak Google untuk menguji kecepatan situs website Anda. Buatlah situs web Anda memiliki akses loading yang cepat dan ringan, sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan senang untuk berada di halaman website Anda. Selain membuat situs web Anda disukai oleh para pengunjung, memiliki kecepatan loading yang baik termasuk dalam kategori di SEO yang dapat membuat posisi berada di halaman satu mesin pencari.

Mengoptimasi kecepatan situs merupakan sebuah prioritas utama bagi seorang user experience secara keseluruhan, sebelum pihak Google menentukan bahwa kecepatan situs menjadi sebuah faktor peringkat tentu Google sudah melakukan analisis yang menyatakan bahwa para pengguna internet tidak ingin menunggu untuk lebih dari 5 detik ketika mengunjungi sebuah situs web. Untuk itu kami – Blinq Digital sebagai web developer akan memberitahukan kepada Anda bagaimana cara meningkatkan kecepatan situs web Anda dengan menggunakan Google Pagespeed baik melalui desktop atau perangkat mobile.

 

Optimasi Gambar

Google Pagespeed menyarankan cara untuk mempercepat loading pada situs Anda dengan cara mengoptimalkan gambar agar dapat membuat halaman website lebih cepat. Untuk mengatasinya dengan tetap memiliki konten gambar adalah mengkompres gambar dengan menggunakan alat bantuan online dan mengurangi ukuran gambar ke dimensi minimal tanpa mengurangi kualitas gambar sedikit pun.

Minify CSS & JavaScript

Pihak Google selalu menyarankan kepada Anda untuk memperkecil ukuran file JavaScript dan CSS. Proses minifikasi dapat Anda lakukan dengan mengurangi ukuran file seperti menghilangkan karakter, spasi yang tidak diperlukan pada file Anda tersebut.

Memanfaatkan browser caching

Untuk memanfaatkan fungsi browser caching ini, Anda perlu melakukan sebuah konfigurasi Expires Header. Expires Header ini sendiri akan memberitahu kepada browser berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyimpan file web pada cache browser sehingga pada kunjungan selanjutnya Anda tidak perlu untuk mendownload lagi.

Menghilangkan sumber pemblokiran render

Menghilangkan sumber pemblokiran render dilakukan dengan cara meletakkan semua file Javascript pada baris akhir dokumen atau yang lebih sering Anda kenal dengan sebutan Defer Parsing of Javascript, atau dengan cara menambahkan atribut HTML yang disebut dengan Asynchronous.

 

Optimasi Mobile Experience

Mobile experience atau mobile friendly adalah sebuah penilaian terbaru dari pihak Google yang memberikan nilai standar untuk para pemilik situs web agar membuat sebuah situs yang dapat ditampilkan secara baik meskipun melalui selular dengan berbagai jenis resolusi dan menggunakan font yang sesuai. Untuk mengecek apakah situs web Anda apakah sudah mobile friendly gunakanlah tools dari Google yaitu Mobile-Friendly test.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."