Desktop vs Mobile : Tiga Perbedaan Utama Desain Website

Desktop vs Mobile Tiga perbedaan Utama Desain Website

Kini sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa pengalaman browsing saat membuka webstie dari mobile sangat berbeda saat menggunakan browser dokstop. Dengan orentasi layar yang berbeda,  dalam mobile kita menggunakan jempol bukan mouse atau trackpad. Dan tugas yang lain jauh lebih sulit dan tidak praktis, itu sebabnya perlunya perancangan situs web untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel itu sangat penting. Berikut ini adalah tigak komponen penting dari situs web Anda yang perlu berbeda pada seluler dan desktop.

 

1. Content organization

Salah satu perancangan situs pada ponsel yang paling tepat merupakan bagaimana konten harus diatur, karena kebutuhan pengguna ponsel Anda tentu akan berbeda dari pengguna desktop Anda. Atau kebutuhan mereka mungkin sama (atau serupa) namun perilaku penjelajahan mereka akan berubah bergantung pada perangkat yang mereka gunakan.

Saat hendak merancang situs untuk mobile, prioritas yang paling utama adalah bagaimana harus mengatur isi website dalam memenuhi kebutuhan pengguna ponsel. Konten website harus disusun secara vertial agar sesuai dengan lebar dan sempitnya perangkat selular.

Pada perangkat dekstop mempunyai orientasi potret sehingga konten dapat meragang dan gambar dapat hidup dan nyaman untuk dilihat ditempat yang luas. Perangkat mobile biasanya digunakan dalam orientasi potret (dan layar yang lebih kecil, bahkan dalam mode landscape, ruang horisontal terbatas, dan tentu saja hal ini perlu diperhatikan.

 

Desktop vs Mobile Tiga perbedaan Utama Desain Website yang perlu Anda ketahui

Sebagai contoh saya ambil sebuah situs online shop yang menjual kaca mata yaitu Warby Parker yang mengatur ulang konten dari kesejajaran horizontal hingga vertikal saat Anda melihat pada perangkat mobile. Hal yang lain yang perlu diperhatikan adalah konten apakah yang harus diprioritaskan. jika kebutuhan pengguna ponsel Anda berbeda, ada baiknya mempertimbangkan merancang untuk seluler dengan cara yang memprioritaskan kebutuhan pengguna tersebut. Tentunya bukan hanya duplikat dari situs dekstop Anda, yang kemungkinan besar dirancang menurut pengguna desktop.

Pada saat perancangan situs versi seluler, jika ponsel kita terbilang kurang canggih dan kami merasa kurang nyaman saat menggunakan untuk melakukan aktifitas yang lebih kompleks, biasanya terdapat banyak konten pada situs web, dari apa yang pengguna ingin ketahui. Pada tahun 2017 pendekatan itu tidak lagi dapat diterima. Pengguna seluler saat ini ingin dapat mengakses pengalaman penjelajahan yang sama di ponsel mereka karena mereka, ada di komputer desktop mereka. Selanjutnya, ponsel adalah satu-satunya perangkat utama bagi banyak orang sehingga situs seluler yang beroperasi penuh mungkin merupakan satu-satunya cara untuk menjangkau sebagian pengguna.

 

 

2. Form fills (pengisian formulir)

Sebagian besar pemasar, telah menghabiskan banyak energi untuk memaksimalkan bentuk web untuk konversi maksimal. Anda harus mengetahui bahwa bentuk yang dirancang dengan buruk pasti sebagian akan membunuh konversi, hal yang sama juga harus diperhatikan untuk bagian mobile, mulai dari bentuk yang harus dirancang khusus untuk mempermudah pengguna ponsel saat ingin mengisinya.

Keselarasan vertikal adalah keselarasan itu sendiri, ini juga berlaku untuk bentuk pada prinsip nya pun juga sama, tentu sulit dan membosankan bagi pengguna mobile untuk menggulir maju mundur secara horisontal pada saat ingin melengkapi formulir, Agar proses mengisi formulir semudah mungkin bagi peramban seluler, pastikan bidang formulir menyelaraskan secara vertikal.

Versi Mobile dengan Versi Desktop

 

Memberikan teks prediktif

Bantu pengguna Anda keluar dengan memberikan teks prediksi, untuk bidang pengguna dengan banyak potensi tanggapan. Menawarkan prediksi memungkinkan pengguna untuk bergerak melalui formulir dengan cepat dan mengurangi kemungkinan kesalahan ketik, yang lebih sering terjadi saat mengetik dengan jempol di layar kecil.

 

 

3. Menus

Dalam membuat format menu jelas merupakan area kunci dari perbedaan antara desktop dan mobile, biasanya terdapat mega menu dengan banyak kategori dan juga subkategori, penyiapan ini akan bekerja sangat baik, dengan pengguna desktop yang memiliki layar yang cukup lebar, sehingga mereka dapat membaca teks di menu tersebut dan dapat dengan mudah mengeklik tautan teks. Ini cerita yang berbeda di ponsel, tentu saja, karena layarnya kecil dan jempolnya (relatif) besar. Menu seluler harus dirancang dengan mengingat hal-hal ini. Itu berarti menu satu tingkat dengan teks atau tombol besar, dan keselarasan vertikal untuk menu dengan banyak pilihan.

 

Situs desktop J.Crew memiliki mega-menu besar dengan banyak kategori

Situs Dengan banyak menu

Dalam versi mobile, menu runtuh dan kemudian berkembang saat pengguna menyempit dalam sebuah kategori.

Ini sama sekali bukan daftar lengkap semua fitur dari situs web seluler yang perlu berbeda dari versi desktop, namun menurut kami fitur ini tiga dari yang paling penting. Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan kebutuhan pengguna ponsel Anda serta cara unik di mana mereka menjelajah dan mengkonsumsi informasi. Semoga contoh yang diberikan di posting ini berfungsi sebagai inspirasi untuk meningkatkan mobile di situs Anda.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."