Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan untuk Merek atau Brand

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan untuk Merek

 

Sudah banyak orang yang membangun sebuah usaha dari modal sendiri, usaha yang dibangun bisa berupa produk dari orang lain atau produk ciptaan sendiri. Untuk membuat suatu usaha bisa dikenal oleh orang banyak tentunya Anda harus menciptakan dan membuat sebuah merek atau brand. Buatlah merek atau brand yang sesuai dengan usaha yang Anda miliki, misalkan bergerak di bidang makanan maka Anda harus membuat sebuah merek yang mencerminkan produk yang akan Anda pasarkan serta mengenai perusahaan dari usaha yang Anda miliki misalkan dari segi pelayanan yang akan diberikan. Membuat usaha, maka Anda diwajibkan untuk mengetahui target pasar yang akan Anda raih.

Jika Anda adalah pemula yang baru saja ingin membuka suatu usaha, perhatikan nama merek apa yang akan Anda pakai. Merek atau brand adalah suatu tanda yang akan dipakai oleh seorang pemilik usaha atau juga seorang pedagang untuk menandakan bahwa produk atau jasa yang dipasarkan adalah milik kepunyaannya. Sebelum Anda membuat dan akhirnya memutuskan merek atau brand apa yang akan Anda gunakan atas usaha yang akan dibangun, ada baiknya untuk melihat faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan untuk merek atau brand yang akan kami infokan kepada Anda pembaca setia kami.

 

Pilihlah sebuah nama yang mempresentasikan produk atau usaha

Ambil merek atau brand yang menandakan produk, perusahaan dan mungkin saja untuk menyambungkannya dengan visi dan misi dari perusahaan Anda. Hindari nama yang terlalu panjang dan buatlah secara simpel mungkin dan bila memungkinkan sedikit unik tapi jangan sampai terlalu jauh dari produk, atau perusahaan Anda. Panjang dan tidaknya merek atau brand yang Anda bangun akan berpengaruh pada mudah dan tidak untuk penyebutan nama merek produk.

 

Logo yang berkarakter

Logo dari perusahaan adalah sebuah bentuk visual yang menggambarkan atau mencerminkan merek atau brand Anda yang merupakan bagian dari brand image. Karena tagline yang terdapat dalam logo produk atau perusahaan harus dapat mengkomunikasikan atau merealisasikan visi dan misi yang Anda miliki dan selalu konsisten itu penting dalam pembuatan logo. Dengan logo yang menarik serta berkarakter akan membuat orang mudah mengingatnya, bagi sebagian brand bagian dari pemilihan warna juga merupakan bagian penting karena juga akan melambangkan brand tersebut.

Suatu merek atau brand yang baik harap dipastikan untuk memiliki asosiasi merek yang disadari oleh konsumen mengenai asosiasi merek yang kuat, disukai dan unik. Customer Based Brand Equity sudah menyatakan bahwa pengetahuan merek (brand knowledge) dibangun melalui 3 unsur utama, apa saja 3 unsur tersebut? Mari simak lebih lanjut

 

Brand elements

brand elements atau yang disebut brand identities merupakan suatu pembeda dari setiap produk dengan ditandai sebuah merek dagang masing-masing. Elemen utama yang menjadi pembeda terdiri dari nama merek, logo, simbol, karakter, kemasan atau slogan. Salah satu yang menjadi tolak ukur dalam membangun sebuah merek atau brand dapat Anda lihat dari elemen yang dikenal dari sebuah brand. Sebuah brand elements atau elemen merek memberikan kontribusi positif sendiri kepada ekuitas merek yang memang mengandung makna respon tertentu terhadap sesuatu. Ada 6 kriteria tersendiri dalam pemilihan brand elements yaitu memorability, meaningfulness, likable, transferable, adaptability, protectability

 

Membangun program pemasaran

Unsur kedua ini adalah tahapan dalam sebuah program guna memasarkan merek melalui kegiatan pemasaran yang sudah terintegrasi dan di tertuju pada media-media komunikasi yang tepat. Pemilihan elemen merek yang tepat dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan serta pengembangan ekuitas merek tersebut. Untuk kegiatan program pemasaran itu sendiri adalah di mana dapat dilihat dan dirasakan secara langsung oleh konsumen secara nyata.

Mengembangkan asosiasi tambahan terhadap merek

Unsur ketiga atau yang terakhir dalam membangun sebuah merek atau brand adalah dengan meningkatkan asosiasi sekunder atau tambahan dari sebuah merek. Dengan kata lain, asosiasi merek dapat Anda ciptakan dengan cara menghubungkan suatu merek dengan sebuah informasi dalam memori yang akan memberikan maknanya tersendiri bagi konsumen.

 

Setelah membaca artikel ini sampai selesai dan Anda jadi mengetahui faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan untuk merek atau brand, kami mengharapkan setelah usaha Anda diresmikan dan mulai dipasarkan ke masyarakat luas maka usaha Anda terus maju berkembang. Dengan bantuan perkembangan teknologi yang semakin canggih, pemasaran melalui digital tentunya dapat membantu untuk merek atau brand Anda semakin dikenal luas sekalipun berbeda lokasi tetap dapat menjangkaunya.

 

Baca :

Peluang bisnis online yang dapat menguntungkan

Bisnis online yang sedang viral di 2018

 

Yang akan sedikit membantu Anda yang sedang ingin memiliki penghasilan sendiri dari bisnis online. Pilih produk yang akan dipasarkan secara online lalu buatlah sebuah merek atau brand untuk bisnis online Anda.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."