Integrated Marketing Communication Indonesia

Integrated Marketing Communication Indonesia

Sebuah istilah komunikasi pemasaran terpadu atau yang dikenal dan populer dengan Integrated Marketing Communication Indonesia (IMC), adalah sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi Anda karena sudah menjadi bagian dari aktivitas dan kehidupan sehari-hari. IMC adalah sebuah konsep dimana ada perusahaan yang telah mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan secara jelas, konsisten dan menyakinkan dari sebuah produk dari perusahaan tersebut.

Sedangkan menurut American Association of Advertising Agencies definisi IMC adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang akan memberikan nilai tambah bagi suatu perencanaan lebih mendalam dengan cara sebuah evaluasi terhadap peran strategis dari berbagai ilmu komunikasi untuk mendapatkan keakuratan dan konsistensi. Banyak orang yang mendefinisikan IMC, tetapi dari setiap definisi yang berbeda-beda. Secara umum, definisi IMC adalah:

  • Membentuk sebuah identitas brand yang kuat di pasar dengan terus mengikat bersama dan memperkuat sebuah citra.
  • Mengkoordinasikan semua citra serta identitas perusahaan melalui pemasaran komunikasi.
  • Terjalin sebuah hubungan yang lebih erat antara perusahaan dengan para konsumen.
  • IMC adalah koordinasi yang telah digunakan oleh keseluruhan perangkat, kesempatan, fungsi dan sumber daya dari pemasaran komunikasi perusahaan menuju suatu program.

 

Baca : Strategi Komunikasi Pemasaran

Dengan kata lain IMC adalah sebuah strategi untuk mencapai STP yaitu Segmentasi, Targeting dan Positioning

 

Menggunakan IMC dalam sebuah bisnis berarti memiliki konsistensi atas apa yang ingin disampaikan kepada konsumen meskipun menggunakan media yang berbeda. Konsistensi memang tidak dijalankan secara langsung tetapi akan menjadi sebuah pengulangan dimana ketika seorang konsumen melihat iklan yang sama pada media yang lain dan berbeda tetapi pesan yang disampaikan sudah melekat pada konsumen tersebut dengan inti penyampaian yang sama. Ada berbagai keuntungan dengan menggunakan IMC pada bisnis Anda yaitu:

 

  • IMC adalah sebuah alat strategis yang dijalankan oleh para klien untuk mengkomunikasikan citra dari produk atau jasa atau yang lebih disebut dengan corporate cohesion.
  • IMC mampu menyediakan kesempatan bagi para agency periklanan untuk memiliki peran penting yang signifikan dalam hal mengembangkan proses komunikasi lalu menjadi sebuah partner yang efektif pada sebuah hubungan dengan klien (Client Relationship).
  • IMC akan memastikan komunikasi para agensi untuk menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan para klien tentunya (Interaction). Dengan adanya arus informasi yang lebih terbuka, IMC sangat memberikan peluang untuk para partisipan agar lebih berkonsentrasi dalam kunci pengembangan strategis dibandingkan dalam mengejar individu.
  • IMC menawarkan para agensi periklanan (Motivation). Hal ini terjadi karena adanya penggabungan dari pemikiran seluruh tim baik dari pemikiran individu atau bukan, dan inilah yang membuat para agensi periklanan menjadi termotivasi.

Measurability adalah penyampaian kemampuan dengan mengukur respon dari akuntabilitas proses komunikasi.

 

Mengingat media sosial adalah salah satu jalan menuju dunia Digital Marketing, tetapi sayangnya masih ada kendala IMC di media sosial. Melakukan IMC pada media sosial ternyata masih menyimpan kendala tersendiri bagi para marketer dan agency periklanan. Padahal pengguna Instagram dan Facebook sudah mencapai jutaan setiap harinya, dengan rata-rata pengguna baru 70 ribu orang tetapi masih saja ada kendala IMC didalamnya. Lalu apa yang salah? Kebingungan dan ketidaktahuan untuk memulai langkah awal dari mana adalah jawaban yang perlu Anda cari. Karena hingga saat ini walaupun IMC sudah tidak asing lagi, tetapi para marketer dan agency belum juga menemukan formula mengenai bagaimana cara mengukur efektivitas iklan pada sebuah media sosial. Ada beberapa kendala pada IMC yang telah dirangkum oleh Blinq Digital Media.

  • Tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjalankan bisnis pada jejaring sosial sehingga tidak mengetahui harus memulai darimana
  • Belum menemukan cara yang dibilang efektif untuk mengukur efektivitas media sosial
  • Tidak memiliki dana untuk media sosial
  • Tidak memiliki waktu untuk mulai menjalankan marketing melalui media sosial
Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."