Memaksimalkan Kampanye Anda Dengan Instagram Ads

Instagram Ads

Sosial media Instagram yang pertama kali dirilis pada tahun 2010 dengan pengguna aktif yang melebihi 500 juta tiap bulannya ini, seiring berjalannya waktu Instagram yang terus memberikan fitur-fitur menarik ternyata dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang dinilai efektif untuk keperluan dalam dunia digital marketing.

Sampailah pada tahun 2015, pihak Instagram meluncurkan fitur terbarunya yaitu Instagram Ads. Untuk Anda para pengusaha mari maksimalkan kampanye Anda dengan Instagram Ads, guna meningkatkan following dan mengarahkan trafik untuk menuju situs website. Tahukah Anda bahwa Instagram memiliki tingkat paling tinggi untuk engagement dibandingkan dengan sosial media lainnya seperti facebook atau twitter. Instagram Ads ini diluncurkan dengan satu keunggulan yang akan dirasakan oleh Anda yaitu bentuk iklan yang tidak terlihat hampir berbeda dengan postingan foto pada umumnya, yang akan membuat seperti tidak terkesan invasif apabila Anda membandingkannya dengan iklan digital marketing lainnya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih dalam fitur menarik dari Instagram ini.

 

Mari kenali terlebih dahulu 3 jenis dari Instagram Ads yang diambil berdasarkan panduan untuk profile business

 

  • Photo Ads : Sebuah iklan yang berbentuk foto untuk memaksimalkan aspek
  • Video Ads : Iklan dalam bentuk video ini memiliki keterbatasan waktu yaitu dengan durasi maksimal 30 detik saja.
  • Carousel Ads : Sebuah iklan yang dibuat dalam format foto ini bisa berjumlah banyak atau lebih dari satu, dan para audiens bisa melakukan swipe.

 

Jika Anda pernah membuat iklan menggunakan Facebook Ads, tentu setelah mendengar Instagram Ads tidak akan asing bukan? Sejak pihak Facebook mengakuisisi Instagram di tahun 2012 lalu, kedua platform sosial media ini menjadi sangat mudah untuk dikoneksikan sehingga pengaturan keduanya pun tidak berbeda banyak. Jika saat ini Anda ingin beriklan menggunakan Instagram Ads, kami menyarankan untuk melakukan pengaturan melalui platform Facebook seperti mengatur budget, schedule dan hal lainnya. Untuk Anda yang ingin membuat Instagram Ads, buatlah sebuah halaman pada Facebook Anda secara khusus yang ditujukan untuk keperluan bisnis. Cara membuat Instagram Ads ini akan terlihat mudah jika Anda mengikuti beberapa cara dibawah ini yang telah kami rangkum Anda.

 

Memilih perangkat editor dan ciptakan kampanye

Memilih perangkat editor dan ciptakan kampanye

Anda bisa membuat Instagram Ads dengan menggunakan beberapa perangkat seperti Facebook Ads API. Tapi pastikan ketika Anda memilih sebuah perangkat ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti ukuran bisnis dan jumlah iklan yang akan Anda luncurkan nantinya. Jika Anda sudah merencanakan ingin melaksanakan kampanye dalam skala besar maka pilihlah perangkat yang mendukung. Setelah Anda sudah menentukan perangkat maka Anda bisa memilih opsi dengan membuat kampanye baru.

 

Tentukan tujuan

Tentukan tujuan

Saat diawal Anda membuat Instagram Ads, Anda akan diberikan beberapa pilihan apa tujuan Anda dalam membuat Instagram Ads. Agar iklan yang telah dibuat bisa tampil di Instagram, maka Anda harus mengikuti persyaratan dengan memilih tujuan dari daftar yang disediakan. Beberapa daftar yang akan muncul adalah meningkatkan postingan, menuju website, meningkatkan konversi pada situs website, mengarahkan audiens, membuat audiens tertarik menginstall aplikasi, menaikkan tingkat engagement serta menambahkan view pada video.

Setelah Anda sudah memilih salah satu dari pilihan yang ada, langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi nama kampanye pada promosi yang dilakukan. Terdengar simpel tetapi tetap tidak boleh dilupakan. Usahakan Anda memilih nama yang tidak terlalu spesifik agar bisa digunakan dalam berbagai Instagram Ads berikutnya.

 

Tentukan audiens

Tentukan audiens

Jika Anda baru pertama kali menggunakan Instagram Ads, ada kemungkinan besar Anda belum mengetahui target audiens. Hal ini adalah sebuah pembelajaran yang menggunakan insting dan data lain yang telah Anda miliki. Anda juga akan diberikan beberapa pilihan kategori untuk mempermudah Anda menargetkan audiens. Mulai dari lokasi, usia, jenis kelamin, edukasi, pekerjaan, status, perilaku, finansial, ketertarikan dan masih ada lagi. Selain itu akan ada fitur yang dapat membantu Anda yaitu custom audience.

Instagram Ads adalah sebuah fitur yang akan menyimpan pengaturan target audiens dimana bisa Anda gunakan untuk lain hari. Jika setelahnya Anda merasa ada yang kurang dalam penentuan target audiens, untuk selanjutnya lakukan lebih detail dengan melakukan break down.

 

Atur penempatan Instagram Ads

Disinilah Anda akan menemukan perbedaan antara Facebook Ads dengan Instagram Ads. Jika Anda mengunjungi bagian placement maka akan ada 5 pilihan yaitu mobile news feed, Instagram, audience network, desktop news feed dan yang terakhir adalah desktop right column. Karena tujuan Anda disini adalah promosi atau iklan, maka Anda hanya bisa memilih 1 saja yaitu Instagram.

 

Tentukan budget dan schedule

Instagram Ads budget

Anda akan dihadapkan pada 2 opsi pilihan untuk budget yaitu daily budget dan lifetime budget. Daily budget sendiri dimaksudkan agar iklan Anda akan terus berjalan sepanjang hari dengan menggunakan sistem algoritma Instagram. Sedangkan untuk lifetime budget lebih kepada mengatur iklan yang berjalan dalam periode waktu tertentu dan sistem algoritma juga akan mengikuti untuk mengukur budget berdasarkan periode waktu yang telah ditentukan.

Selain membicarakan budget, kami juga akan membahas mengenai schedule yang mana harus diatur dalam bagian yang sama. Dalam hal ini Anda akan diminta untuk penjadwalan awal dan akhir tayang kampanye Instagram Ads. Penentuan ini lebih bersifat spesifik dalam hitungan menit saja. Instagram Ads juga akan memberikan parameter untuk mempermudah Anda mengatur iklan untuk muncul hanya di waktu yang telah ditentukan, mulai dari hari hingga jam. Opsi ini bisa Anda temukan pada bagian Ad Scheduling.

 

Menambahkan elemen kreatif

Instagram Adseleement

Kreativitas Anda akan diasah pada tahap ini. Tahap ini membuat Anda untuk menentukan bagaimana Instagram Ads akan terlihat, dan ini tergantung dari tujuan Anda dalam membuat iklan. Tentukan tipe iklan apa yang Anda pasang, pada umumnya yang disarankan oleh pihak Facebook bahwa Anda tidak harus memuat teks yang lebih dari 20% karena jika lebih dari 20% maka akan dinilai tidak layak untuk dipasang sebagai iklan. Selain itu tipe foto yang dimuat dalam iklan harus dengan format jpeg atau png.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari teks atau caption yang direkomendasikan 125 karakter dengan maksimal 2.200 karakter, rekomendasi ukuran foto yang berukuran 1.080 x 1.080 pixel dengan resolusi minimal 600 x 600 pixel, hingga bentuk landscape dengan ukuran 1.200 x 628 pixel dengan minimal 600 x 600 serta rasio 1:1.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."