Salah Kaprah SEO vs SEM Sebagai Iklan Berbayar?

Saat ini Digital Marketing Agency banyak yang menawarkan Search Engine Optimization (SEO) Search Engine Marketing (SEM), istilah ini kadang membingungkan. Apa sih perbedaan keduanya?

Kedua SEO dan SEM dapat digunakan sekaligus atau salah satu saja, yang membuat pengertiannya lebih rancu lagi karena sebenarnya SEO dan SEM itu berbeda.

 

“Lalu apa bedanya SEO dan SEM?

 

SEO bertujuan memberi banyak kunjungan potensial ke web Anda dengan menaikkan peringkat web Anda di mesin pencari Google. SEM lebih fokus ke internet marketing berkala yang lebih ke arah periklanan, sama – sama di Google. SEM juga dapat termasuk di dalamnya SEO dan menjadi satu kesatuan dalam taktik marketing”

 

Di tulisan ini, saya akan membantu menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan orang.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

 

SEO sejatinya adalah bagian dari kategori yang lebih besar, SEM. Menurut Google Knowledge Graph, SEO adalah “Proses memaksimalkan jumlah pengunjung di website tertentu dengan memastikan bahwa web tersebut muncul di hasil awal pencarian mesin Google”

Industri SEO terus berkembang dan berubah disebabkan karena perubahan algoritma dari Google itu sendiri. Namun, ada 1 aspek dari SEO yang tetap berlaku : SEO dihasilkan dari aktivitas On-Page dan Off-Page.

Komponen Apa Saja yang Termasuk dalam SEO?

 

On-Page SEO termasuk:

  • Memasukkan keyword yang diinginkan ke dalam kolom title tags, meta descriptions, heading tags, alt text, dan lainnya
  • Tulisan di Blog and copywriting yang berkualitas
  • URL halaman yang mudah dikenali
  • Optimasi waktu load halaman web
  • Sharing konten web ke media sosial
  • dan banyak lagi

Off-Page SEO termasuk:

  • Menciptakan akun profile yang berkualitas untuk backlink (Tentu saja di web yang memiliki authority tinggi sebagai link ke web utama Anda)
  • Yang mendukung sharing media sosial
  • Social Bookmarking (Reddit, Stumbleupon, dan lainnya)
  • dan banyak lagi

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

Menurut Wikipedia, “Search Engine Marketing adalah jenis dari Internet Marketing yang menggunakan promosi website dengan menaikkan peringkat di search engine results pages (SERPS) melalui jasa periklanan online.” Namun SEM bisa termasuk dalam strategi SEO, sama dengan strategi marketing, di mana produk anda bagus dan dikenal namun tentu eksistensi harus terjaga dengan iklan.

Komponen Apa Saja yang Termasuk dalam SEM?

Berbeda dengan SEO, SEM mencakup pencarian yang berbayar, misal Pay Per Click (PPC) di listing dan ads. Sering kali, SEM memang harus menggunakan campaign PPC, namun jika Anda memakai SEO dan pencarian berbayar, hampir sama saja dengan SEM.

 

Strategi Marketing Mana Yang Lebih Baik?

 

 Lalu Apa Perbedaan Utama SEO dan SEM?

 

Perbedaan utama keduanya adalah SEO merupakan komponen dari pencarian berbayar, seperti PPC dan juga SMM (Social Media Marketing). Penting halnya Anda untuk tidak menyamakan SEO dengan SEM, yang menganggap SEO dapat digantikan oleh SEM, meskipun dua2nya membutuhkan biaya namun keduanya berbeda, teknik yang digunakan pun berbeda.

 

Strategi Marketing Mana Yang Lebih Baik?

Banyak marketer berdebat soal mana yang lebih baik. Saya lebih memilih SEO organic sebagai langkah jangkah panjang, karena SEM yang sebenarnya tidak dapat sukses tanpa SEO organic. 

Namun dilain hal, ada sebagian situasi di mana PPC (komponen dari SEM) lebih cocok digunakan daripada SE. Sebagai contoh, Anda baru saja meluncurkan website and ingin langsung diketahui orang di Google, memang disarakan menggunakan campaign PPC karena memerlukan waktu yang lebih singkat daripada SEO, tapi akan berdampak buruk ke depannya jika hanya mengandalkan PPC dan tidak menyentuh search engine optimization sama sekali.

Meskipun SEO organic membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai ranking pencarian, ujung – ujungnya lebih ekonomis dan kredibilitas website Anda lebih terjaga dan terpercaya oleh mesin pencari yang tidak mungkin diwujudkan dengan PPC. Ketika diharuskan memilih strategi mana yang paling baik, penting halnya untuk mengevaluasi apa yang Anda butuhkan, pastikan Anda paham betul sebelum memilih.

 

Share

entrepeneur, digital graphic designer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *