Sejarah Asal Mula Instagram

Sejarah Asal Mula Instagram

 

Instagram merupakan media sosial yang berfungsi untuk berbagi foto sehingga pengguna bisa mengambil foto, memasang filter digital, dan berbagi ke berbagai media sosial lainnya, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.

Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telepon kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple App Store dan Google Play.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 ini, merupakan startup berbasis teknologi yang menerapkan pengembangan aplikasi telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 mobile, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan juga Mike Krieger, memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja.

Seminggu berdiri, mereka membuat versi awal dari Burbn, meskipun masih belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, adalah aplikasi yang sudah dapat digunakan di dalam iPhone, yang dimana isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur. Karena kesulitan mengurangi fitur-fitur yang ada, akhirnya Kevin Systrom dan Mike Krieger hanya fokus pada foto, komentar, dan juga kemampuan menyukai foto sehingga jadilah Instagram.

Sejarah Instagram :
Nama instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Fungsi Instagram mampu menampilkan foto-foto secara instan seperti tampilan polaroid. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegram sendiri adalah untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Serupa dengan Instagram dapat mengunggah foto menggunakan jaringan internet agar informasi dapat dikirim dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram berasal dari instan-telegram.

Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Komunikasi yang terjadi antara sesama pemakai Instagram terjalin dengan memberi tanda suka serta mampu saling mengomentari foto-foto yang sudah diunggah. Pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting, dimana jumlah tanda suka dari para pengikut sangat mempengaruhi apakah foto tersebut dapat menjadi sebuah foto yang populer atau tidak. Pencarian teman dalam Instagram juga dapat dilakukan melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter yang juga menggunakan Instagram.

Kegunaan Utama Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Mengunggah foto dapat menggunakan kamera iDevice atau semua foto yang tersimpan di album foto dalam iDevice.

Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat disimpan di dalam iDevice tersebut. Instagram juga memiliki fasilitas efek untuk mengatur pewarnaan foto yang diinginkan oleh pemakai. Ada juga efek kamera tilt-shift yang fungsinya adalah untuk memfokuskan sebuah foto pada satu titik tertentu. Foto dalam Instagram juga dapat diputar arahnya sesai dengan keinginan pemakai. Instagram memiliki keterbatasan untuk ukuran foto. Rasio ukuran foto dalam Instagram adalah 3:2 atau sebatas kotak saja. Para pengguna hanya dapat mengunggah foto dengan format itu saja, atau harus menyunting foto tersebut dulu untuk menyesuaikan format yang ada.

Pemakai Instagram bisa memilih foto yang ingin diunggah kemudian selanjutnya akan dibawa ke halaman sunting foto. Dimana di dalamnya tidak hanya ada pilihan untuk mengunggah pada jejaringan sosial atau tidak, tetapi juga untuk memasukkan judul foto, dan menambahkan lokasi foto tersebut. Foto sebelum diunggah dapat dimasukkan judul untuk menamai foto sesuai keinginan pemakai Instagram. Judul-judul tersebut, para pemaikai Instagram dapat menyinggung pemakai Instagram lainnya dengan mencantumkan akun dari orang tersebut. Foto juga dapat diberikan label pada judul sebagai tanda pengelompokkan foto dalam sebuah kategori.

Share

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat with us